PENGEMBANGAN SISTEM

PENGEMBANGAN SISTEM

Pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.

PERLU ADANYA PENGEMBANGAN SISTEM:
     Adanya permasalahan (problem) yang timbul pada sistem yang lama
     Permasalahan yang timbul dapat berupa :
           - Ketidakberesan 
           - Pertumbuhan Organisasi
     Untuk meraih kesempatan (opportunities)
     Teknologi informasi telah berkembang dengan cepatnya
     Adanya instruksi-instruksi (directives)

PRINSIP PENGEMBANGAN SISTEM
     Sistem yang dikembangkan adalah untuk manajemen
     Sistem yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar
     Investasi modal harus mempertimbangkan 2 hal :
          1. Semua alternatif yang ada harus diinvestigasi
          2. Investasi yang terbaik harus bernilai
     Sistem yang dikembangkan memerlukan orang yang terdidik
     Tahapan kerja dan tugas yang harus dilakukan dalam proses pengembangan sistem
     Proses pengembangan sistem tidak harus urut
     Jangan takut membatalkan proyek
     Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem

TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM ANALISIS SISTEM INFORMASI
Tahapan utama siklus hidup Pengembangan Sistem terdiri dari : 
1. Perencanaan Sistem ( Systems Planning) 
2. Analisis Sistem (System Analysis) 
3. Perancangan Sistem (Systems Design) Secara Umum 
4. Seleksi Sistem (System Selection) 
5. Perancangan Sistem (Systems Design) Secara Umum 
6. Implementasi dan Pemeliharaan Sistem (System Implementation & Maintenance)

SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM


ANALISIS SISTEM
“Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.

LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SITEM
1. Identify, Yaitu mengidentifikasikan masalah
     Mengindentifikasikan penyebab masalah
     Mengidentifikasikan titik keputusan
     Mengidentifikasikan personil-personil kunci
2. Understand, Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
      Menentukan jenis penelitian
      Merencanakan jadual penelitian
      Mengatur jadual wawancara
      Mengatur jadual observasi
      Mengatur jadual pengambilan sampel
      Membuat penugasan penelitian ANALISIS SISTEM INFORMASI
      Membuat agenda wawancara
     Mengumpulkan hasil penelitian 
3. Analyze, Yaitu Menganalis Sistem
     Menganalisis kelemahan Sistem
     Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai / manajemen 
4. Report, Yaitu membuat laporan hasil analisis Tujuan :
     Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
     Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh
         analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
    Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
    Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selan-jutnya

Perancangan Sistem dapat dibagi dalam dua bagian yaitu :
1.Perancangan sistem secara umum atau perancangan konseptual, perancangan logikal atau perancangan secara makro
2.Perancangan sistem terinci atau perancangan sistem secara phisik

TUGAS TEKNIK DARI SYSTEM ANALIS
1.Menyiapkan gambaran kerja dalam menerapkan sys baru
2.Menyusun prosedur-prosedur u/ pengawasan
3.Menyususn DFD, structured analysis and design technique (SADT) dan sistem flowchart untuk merancang sistem baru secara detail
4.Merancang pola pegawasan terhadap data yang bersifat sangan penting.
5.Menyusun file-file untuk digunakan dalam komputer agar sys baru dapat berjalan efektif
6.Merancang input/output agar mudah dibaca user
7.Menyususn dokumentasi tetang peekerjaan yang dilakukan. 

PRIBADI SISTEM ANALIS
     Mampu bekerja sama
     Mampu berkomunikasi dengan baik
     Mempunyai sopan santun
     Mempunyai pendirian yang tegas
     Mampu bersikap dewasa
     Mempu bersikap tegas
     Dapat bertindak secara metodik
     Dapat bersikap akurat dalam memperhitungkan biaya-biaya
     Mempunyai sisfat kreatif 

5 LANGKAH KERJA SISTEM ANALIS
     1.Tahap mengidentifikasi kebutuhan user
     2.Tahap melaksakanan studi kelayakan
     3.Tahap analisis dan rancangan sistem
     4.Tahap penerapan sistem
     5.Tahap evaluasi dan pemeliharaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SADT (STRUKTURE ANALYSIS DAN DESIGN TECHNIQUE)

METODE WARNIER/ORR ( W/O )

TUGAS MANDIRI